Selasa, 08 September 2009

KOMPONEN TAMBAHAN

Beberapa produsen motherboard biasanya melengkapi motherboard dengan beberapa chipsetopsional, spt silicon image SATA RAID,Texas instrument fire were Controler, dan dua broadcom Gigabit LAN controller. bebrapa chipset tsb dapat digunakan untuk menunjang konektivitasyg membutuhkan transfer rate lebih tinggi.

1. apa itu ATX 12V 2.0?
video card yg menggunakan PCIe membutuhkan power sebesar 75 watts, berbeda dengan AGP yg hanya membutuhkan power sebesar 50 watts. dengan demikian, banyak motherboard yg mengadopsi PCIe menggunakan socket power ATX 12V 2.0 yg dilengkapi dengan 24 pin. namun, bukan berarti untuk menggunakan motherboard tsb anda harus mengnti PSU anda, karena socket tsb juga mendukung socket power lama 20 pin dan ditambah dengan 4 pin yg ditancapkan di slot yg tersisa.

2. apakah BTX fromfactor sama dengan ATX atau mATX?
motherboard BTX (Balanced Technologi Extended) fromfactor memiliki desain yg sangat berbeda dari pada ATX ataupun mATX, karena pada BTX letak pross dipindah di bagian depan dan demikian untuk letak bagian chipset dan socket yg ubah untuk dapat memberikan IO dengan kec tinggi dan mampu memberikan sistem pendingin yg baik. di samping keuntungan tsb, BTX juga memiliki banyak kendala untuk bisa langsung di terapkan. karena untuk menggunakan motherboard BTX, harus banyak penyesuaian yang dilakukan diantaranya adalah bentuk casing karena motherboard tidak lagi berada di sisi kiri melainkan di sisi kanan.

LGA: kependekan dari land grid array, tidak spt tipe PGA, processor tipe LGA tidak memiliki pin sama sekali, tetapi memiliki tempat landasan untuk sentuhan atau koneksi dengan pin-pin berupa tonjolan-tonjolan yg ada pada soket di motherboard.

PGA: kependekan dari pin grid array, adalah tipe koneksi pada konektor yg nsecara fiik berupa deretan pin yg tersusun tratur sedemikian rupa, yg di desainkan pada processor unuk dipasangkan pada socket yang ada pada motherboard.

0 komentar: